KUMPULAN SOAL USM STAN DAN TIPS MASUK STAN

SELAMAT DATANG DI BLOG KUMPULAN SOAL STAN, BLOG INI BERISI INFORMASI SOAL STAN, INFORMASI SEKOLAH DI STAN DAN TIPS TRIK MENGERJAKAN SOAL USM STAN TAHUN 2016
Sabtu, 20 Agustus 2016

Tips mengerjakan Soal STAN Materi Pemahaman Wacana

Tips mengerjakan Soal STAN Materi Pemahaman Wacana        Melihat prospek kerja yang menjanjikan tersebut, membuat banyak pesaing yang ingin berlomba-lomba mendapatkan kursi pendidikan STAN tersebut. Tak heran jika tes untuk bisa lolos dalam pendidikan STAN tak cukup mudah. Ada banyak buku dan tutorial yang menyediakan kumpulan soal serta pembahasan tentang STAN. Salah satunya adalah Tes yang ditunjukk
    Pada tes soal USM Stan sola yang seperti ini dikenal dengan istilah soal pemahaman wacana. Tes pemahaman wacana ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan dalam skimming atau membaca cepat dari sebagian wcana. Biasanya soalnya terdiri atas satu atau lebih paragraph. Bentuk pertanyaannya pun bersifat kompleks, biasanya menanyakan ide pokok, tema wacana, dan hal-hal penting yang terdapat dalam wacana. Namun, jangan menganggap mudah soal tes pemahaman wacana tersebut. Karena, bisa jadi topic yang ditanyakan anda juga belum pernah mendengarnya. Jadi anda membutuhkan pemahaman baru lagi.
Di bawah ini ada beberapa tips yang bisa anda gunakan dalam mengerjakan soal STAN materi pemahaman wacana, antara lain:
1.    Kenali terlebih dahulu paragrafnya dari kalimat utama maupun kalimat penjelas. Jadi anda harus mencari gagasan utam yang biasanya ada pada kalimat pertama dan gagasan penjelas pada kalimat berikutnya. Biasanya yang lebih dikenal dengan istilah paragraph induktif, deduktif, atau bisa juga campuran. Deduktif selalu di awal dan induktif selalu di akhir. Ada juga campuran yang kalimat utamanya bisa di awal dan di akhir paragraph.
2.    Usahakan untuk membaca soal terlebih dahulu. Jangan membaca keseluruhan teks , tujuannya untuk efisiensi waktu anda.
3.    Jika informasi yang ada pada bacaan tidak anda temukan, coba kembali memahami soal yang diminta. Kemudian pilihlah piliha jawaban untuk anda bandingkan dengan isi teks. Jika masih belum yakin, anda bisa melakukan cara ceklist, hal ini kadang tidak dilakukan peserta, coba focus dan anda bisa menemukan informasi yang anda butuhkan. System ini juga membantu anda untuk menghemat waktu. Tidak perlu kembali membaca ulang teks.
4.    Soal teks bacaan pada materi pemahaman wacana ini biasanya terdiri dari paragraph narasi atau teks peristiwa atau kejadian. Paragraph deskripsi yang menggambarkan sebuah objek, paragraph eksposisi yang memberikan informasi pada pembaca, paragraph argumentasi yang bertujuan untuk mengemukakan pendapat dan alasanyya, paragraph persuasi yang bertujuan untuk mengajak atau membujuk dan memengatuhi pembaca agar dapat melakukan sesuatu.
Sekali lagi kenali dulu jenis paragraph dan anda bisa mengerjakan sesuai dengan bentuk pemahaman anda pada masing-masing jenis paragraph. Selamat mencoba.
 untuk mengetahui bagaimana kemampuan membaca cepat. Akan tetapi tes tersebut digunakan untuk cepat dalam memahami isi wacana. Beberapa tes dala dunia pendidikan mengahruskan peserta untuk membaca isi wacana yang panjang sedangkan waktu yang diberikan terbatas. Dalam soal tes untuk USM Stan pun juga ditemui beberapa soal yang mengharuskan untuk membaca wacana berupa paragraph dengan cepat untuk mengetahui secara dalam isi bacaan serta topic apa yang akan dibahas dalam soal.
Menjadi seorang lulusan pendidikan Stan adalah harapan banyak orang yang ingin diterima menjadi mahasiswa Sekolah Tinggi Administrasi Negara tersebut. Banyak tawaran pekerjaan dengan bayaran tinggi terutama yang dibuka oleh pihak pemerintah. Kita mengetahui semua bahwa lulusan dari STAN diberi pengetahuan dan keterampilan, juga keahlian yang professional dengan mengantongi keahliannya masing-masing untuk memenuhi kebutuhan pegawai dan sesuai dengan kebutuhan pengelola keuangan Negara pada unti-unit di lingkungan departemen keuangan dan instansi pemerintah lainnya. Contohnya, di lingkungan Departemen keuangan dan instansi pemerintah lainnya seperti Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan, dan juga Badan Pemeriksa Keuangan RI yang banyak menampung sarjana lulusan dari STAN. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips mengerjakan Soal STAN Materi Pemahaman Wacana

0 komentar:

Posting Komentar