KUMPULAN SOAL USM STAN DAN TIPS MASUK STAN

SELAMAT DATANG DI BLOG KUMPULAN SOAL STAN, BLOG INI BERISI INFORMASI SOAL STAN, INFORMASI SEKOLAH DI STAN DAN TIPS TRIK MENGERJAKAN SOAL USM STAN TAHUN 2016
Kamis, 18 Agustus 2016

Tips Mengerjakan Soal Stan 2017

Politeknik Keungan Negara atau yang akrab di kenal dengan istilah sekolah STAN, merupakan perguruan tinggi kedinasan yang berada dalam nauangan Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Dengan membuka Pendidikan Program Diploma Bidang Keuangan yang diselenggarakan oleh STAN bertujuan untuk menghasilkan tenaga ahli-tenaga ahli di bidang keuangan negara dengan spesialisasi tertentu seperti Akuntansi, Perpajakan, Pajak Bumi dan Bangunan/Penilai, Kebendaharaan Negara, Kepabeanan dan Cukai, dan Kepiutanglelangan. Maka dari itu, lulusan dari STAN di bekali dengan pengetahuan dan keterampilan serta keahlian profesional sesuai dengan spesialisasinya dalam rangka memenuhi kebutuhan pegawai dan mencetak kader-kader pengelola keuangan negara pada unit-unit di lingkungan Departemen Keuangan dan instansi pemerintah lainnya seperti Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI). Sehingga dengan melihat pada Keputusan Menteri Keuangan No. 71/KMK.05/2008 tanggal 31 Maret 2008, STAN ditetapkan sebagai Instansi Pemerintah yang menerapkan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PPK BLU).
Tak heran dengan prospek kerja dari lulusan STAN, banyak orang yang berebut bangku pendidikan untuk belajar STAN, sehingga nantinya dapat mendapatkan pekerjaan yang bagus. Walaupun banyak juga orang yang mengetahui bahwa jalur masuk di pendidikan STAN tidaklah mudah. Sehingga membutuhkan banyak kesiapan secara mental maupun fisik. Terlebih soal-soal yang diberikan juga tidak lah mudah. Anda yang akan mengikuti USM STAN harus banyak-banyak melakukan pengerjaan soal yang beragam. Banyak mencari referensi yang banyak dari tahun-tahun sebelumnya. Sebab, biasanya soal-soal dari USM STAN dari tahun ketahun tipe modelnya tidak jauh berbeda.
Artikel berikut ini akan membahas tentang tips mengerjakan soal STAN:
1.    Mulailah mengerjakan soal-soal yang benar-benar anda anggap mudah. Ada banyak pengalaman peserta USM STAN yang terjebak dengan mengerjakan soal-soal yang sulit dan malah justru menghabiskan banyak waktu. Yang perlu anda ingat juga adalah, bobot nilai soal mudah dan soal sulit sama saja, benar +4 dan salah -1, jadi manfaatkan waktu dengan meraih poin sebanyak-banyaknya.
2.    Lebih konsentrasi lagi. Usahakan pikiran anda focus dalam mengerjakan soal-soal. Jangan memikirkan hal di luar USM. Masih berhubungan dengan waktu, usahakan sekali membaca soal langsung atau maksud pertanyaannya kembali di baca. Sehingga anda lebih paham lagi maksud soal tersebut apa. Dengan begitu anda mungkin bisa menemukan jawabannya.
3.    Jangan lupa untuk memperhatikan juga jumlah soal yang harus anda kerjakan pada masing-masing tipe soal. Sebab, pada hal ini ada hubungannya dengan NILAI MATI. Aturan nilai mati adalah benar minimal 1/3 jumlah pada tiap tipe soal, jadi benar minimal adalah 40 soal pada TPA dan 20 soal pada bahasa inggris, jika tak memenuhi itu maka otomatis gugur.
4.    Usahakan untuk mengerjakan soal dengan porsi yang seimbang. Sebab, ada banyak cerita pengalaman dari uji coba atau try out USM STAN, kebanyakan anak yang mendapat nilai mati, karena nilainya kurang di TBI. Ini disebabkan, karena tingkat kesulitan soal TBI STAN di atas materi Bahasa Inggris SMA. Jadi apabila anda merasa tidak yakin dengan kemampuan bahasa inggris, di sarankansih untuk mengerjakan soal TBI sebanyak-banyaknya. Dengan target agar nilainya tidak mati di TBI. Namun, juga tidak perlu khawatir dengan hasil tes bahasa inggris nanti. Anda juga bisa menutupi kekurangan Bahasa Inggris, dengan cara mencari nilai sebanyak-banyaknya di TPA.
Nah, semoga tips mengerjakan soal STAN di atas membantu anda lolos dalam USM STAN. Semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Mengerjakan Soal Stan 2017

0 komentar:

Posting Komentar