KUMPULAN SOAL USM STAN DAN TIPS MASUK STAN

SELAMAT DATANG DI BLOG KUMPULAN SOAL STAN, BLOG INI BERISI INFORMASI SOAL STAN, INFORMASI SEKOLAH DI STAN DAN TIPS TRIK MENGERJAKAN SOAL USM STAN TAHUN 2016
Senin, 26 Mei 2014

Pertanyaan dan Jawaban Seputar USM STAN 2014

Pertanyaan dan Jawaban Seputar USM STAN 2014
A. Persyaratan Pendaftar
Saya memiliki Ijazah luar negeri sederajat dengan SMA, apakah saya bisa mendaftar? Sampai saat ini konversi nilai dari ijazah luar negeri untuk penyetaraan nilai dengan ijazah sampai saat ini belum ada, sehingga lulusan luar negeri yang tidak bisa melakukan konversi nilai tidak bisa melakukan pendaftaran.
1.
Apakah lulusan SMK semua jurusan bisa mendaftar? Lulusan SMK semua jurusan bisa mendaftar
2.
Nilai rata-rata tulis saya 6,99 atau kurang. Apakah saya bisa mendaftar. Tidak bisa. Persyaratan nilai rata-rata tulis adalah 7,00 dan bukan hasil pembulatan
3.
Apakah perempuan bisa memilih Spesialisasi Kepabeanan dan Cukai? Tahun ini perempuan bisa memilih dan mengikuti pendidikan Kepabeanan dan Cukai hanya untuk program Diploma I.
4.
Bisakah mata minus/plus/silindris lebih dari 2,00 dioptri mendaftar di USM STAN? Diperkenankan mendaftar tapi tidak bisa memilih program Diploma Kepabeanan dan Cukai.
5.
Bisakah seseorang yang cacat fisik mendaftar? Bisa, dengan catatan kekurangan fisik perserta tidak menghalangi dalam mengikuti tes USM dan menjalani pendidikan di STAN.
6.
Bisakah lulusan pesantren mendaftar USM STAN? Bisa, jika memiliki ijazah setara SMA dan memenuhi syarat pendaftaran.
7.
Bisakah berijazah paket C mendaftar USM STAN? Bisa, jika memenuhi persyaratan pendaftaran.
8.
B. Pengisian Data Pendaftar
Saya tidak memiliki KTP/SIM/Paspor, apakah boleh menggunakan kartu pelajar? Tanda pengenal yang dipakai adalah tanda pengenal berfoto yang masih berlaku, kartu pelajar setelah tamat dinyatakan tidak berlaku. Alternatif lain, silakan gunakan SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian).
1.
Apakah saya harus memilih semua pilihan jurusan pada saat mendaftar? Wajib memilih semua jurusan yang persyaratannya terpenuhi.
2.
Tanggal lahir yang tercantum di ijazah tidak sama dengan yang tercantum di tanda pengenal. Manakah yang dipakai? Tanggal lahir yang digunakan untuk mendaftar USM STAN adalah yang tercantum di Ijazah, jika berbeda maka harus menyertakan RALAT ijazah dengan mencantumkan tanggal lahir sebenarnya.
3.
C. Cetak Bukti Pendaftaran Online
Saya ingin mencetak BPO tetapi tidak muncul di layar, mengapa? BPO langsung ditampilkan di browser anda (tidak didownload dalam bentuk pdf). Jika tidak bisa, kemungkinan server sibuk. Silahkan dicoba kembali.
1.
BPO saya jadi dua lembar, mencetaknya bagaimana? Setelah melakukan kunci data, pendaftar akan mendapatkan 1 Lembar BPO dan 1 Lembar Informasi Singkat Pembayaran dan dicetak di kertas A4.
2.
D. Pembayaran Biaya Pendaftaran
Saya telah melakukan transfer ke rekening yang berbeda/rekening penyetoran tahun lalu, apakah bisa diminta kembali? Peserta harus menyetorkan uang pendaftaran ke rekening yang tercantum di BPO masing-masing pendaftar. Setoran selain ke rekening tersebut akan dianggap belum menyetor dan tidak bisa dikembalikan.
1.
Apakah panitia USM STAN menerima pembayaran tunai? Tidak, pembayaran harus melalui setoran tunai di teller, internet banking atau ATM.
2.
Kapan batas akhir tanggal penyetoran? 5 Juni 2014
3.
Jika telah melakukan penyetoran sebelum periode penyetoran ke bank, bolehkah bukti setor tersebut digunakan untuk verifikasi dan pengambilan BPU? Tidak bisa, penyetoran hanya bisa dilakukan apabila pendaftar mendapatkan BPO setelah registrasi. Penyetoran hanya bisa melalui rekening yang tertera pada BPO pendaftar.
4.
Bisakah meminta kembali uang yang sudah ditransfer? Uang yang sudah ditransfer tidak dapat diminta kembali dengan alasan apapun.
5.
Berapa yang harus saya keluarkan untuk membayar biaya pendaftaran? Berikut ini rincian Pembayaran Biaya Pendaftaran USM STAN:
Channel Pembayaran
Biaya USM STAN
Biaya Administrasi Bank Mandiri
Biaya Transaksi lain
Total yang harus dibayar
Teller Mandiri Rp150.000 Rp2.500 - Rp152.500
ATM Mandiri Rp150.000 Rp2.500 - Rp152.500
Internet Banking Mandiri Rp150.000 Rp2.500 - Rp152.500
Teller Bank selain Mandiri Rp150.000 Rp2.500
Biaya SKN/RTGS*
Rp152.500 + Biaya SKN/RTGS*
ATM Bersama Rp150.000 Rp2.500 Rp5.000
Rp152.500 + Rp5.000
ATM selain Mandiri dan ATM Bersama
Rp150.000 Rp2.500 Biaya Transfer*
Rp152.500 + Biaya Transfer*
Internet Banking selain Mandiri
Rp150.000 Rp2.500 Biaya Transfer*
Rp152.500 + Biaya Transfer*
Keterangan: 1.Yang bertanda bintang (*) maksudnya sesuai dengan biaya yang ditetapkan oleh masing-masing bank. Channel pembayaran diatas merupakan alternatif sarana yang kami sarankan untuk melakukan pembayaran bagi calon peserta USM STAN 2014. 2. 3.Perhatikan petunjuk lengkap dan tata cara pembayaran pada http://usm.stan.ac.id.
6.
E. Verifikasi Berkas dan Pencetakan BPU
Bagaimana pas foto yang benar? Pas Foto berlatar belakang merah dan memakai kemeja putih dengan kualitas foto studio (tidak menggunakan handphone, tablet atau sejenisnya). Bagi yang berkerudung, pas foto mengenakan kerudung berwarna putih. Apabila pada saat verifikasi berkas penyelia menemukan foto yang tidak sesuai dengan ketentuan maka peserta diberi kesempatan untuk mengganti foto di hari yang sama.
1.
Foto yang saya kumpulkan untuk syarat menggunakan jilbab karena menggunakan foto sekolah untuk ijazah, apakah saat verifikasi berkas boleh datang tanpa mengenakan jilbab? Tidak boleh, foto yang dikumpulkan harus sesuai dengan penampilan peserta saat datang melakukan verifikasi berkas, apabila memang foto di ijazah tidak sesuai dengan penampilan peserta, harap untuk menyerahkan pasfoto terbaru.
2.
Bolehkah verifikasi berkas dan pengambilan BPU di luar jadwal yang sudah ditetapkan? Verifikasi berkas pengambilan BPU harus sesuai dengan jadwal yang ditetapkan.
3.
Saya Sudah datang pada hari sesuai jadwal verifikasi berkas dan pengambilan BPU, tetapi bekas yang dibawa tidak lengkap, bagaimana prosesnya? Peserta harus membawa semua berkas sesuai dengan syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan.
4.
Bisakah saya berpindah lokasi verifikasi berkas/pengambilan BPU? Tidak bisa, peserta hanya bisa melakukan pengambilan BPU dan verifikasi berkas di lokasi yang sudah dipilih untuk melakukan ujian tes tertulis.
5.
F. Pelaksanaan Ujian Saringan Masuk
Bagaimana jika saya dalam kondisi baru selesai operasi dan oleh dokter tidak diperbolehkan tes kesehatan dan kebugaran? Apabila Anda tidak dapat mengikuti tes maka akan dinyatakan gugur.
1.
Saya pernah mengalami patah tangan/kaki, bisa memilih spesialisasi Bea Cukai? Bisa, sepanjang Anda lulus semua tahap ujian.
2.
Lokasi TPA/BI seharusnya di kota A, namun pada saat tes saya sedang berada di kota B, bolehkah mengikuti tes di kota B? Tidak boleh. Peserta harus mengikuti ujian di lokasi yang telah ditentukan.
3.
G. Pelaksanaan Pendidikan di STAN
Apakah STAN ikatan dinas? Lulusan STAN setelah lulus pendidikan akan diangkat menjadi CPNS sesuai dengan formasi yang tersedia pada tahun yang bersangkutan dan lulus tes yang dipersyaratkan untuk menjadi CPNS berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
1.
Berapa jumlah kuota yang diterima tahun ini? Jumlah yang diterima dapat dilihat pada pengumuman hasil akhir USM STAN.
2.
Apakah kuota setiap daerah sama? Tidak ada kuota daerah.
3.
Apakah STAN membuka kelas berbayar? (kelas swasta) STAN tidak membuka kelas berbayar.
4.
Dimana lokasi pendidikannya? Lokasi pendidikan di Kampus STAN Bintaro dan/atau Balai Diklat Keuangan di daerah. Lokasi pendidikan ditetapkan pada pengumuman hasil akhir USM STAN
5.
Jika ada hal-hal menyangkut ujian saringan masuk STAN yang belum jelas, silakan kirim email ke usm@stan.ac.id . Dilarang melakukan surat menyurat dengan panitia.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pertanyaan dan Jawaban Seputar USM STAN 2014

1 komentar:

  1. Min mau nanya nih, nilai rata-rata tulis itu, nilai un murni atau nilai akhir?

    BalasHapus